Home » Momentum 1 Muharram Menjadi Tonggak Meningkatkan Iman dan Persaudaraan

Momentum 1 Muharram Menjadi Tonggak Meningkatkan Iman dan Persaudaraan

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan peringatan 1 Muharram sebagai sarana pembinaan mental kepada anggota. Tema yang diusung dalam peringatan kali ini adalah Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1445 H Kita Tingkatkan Taqwa, Mantapkan Akhlak Mulia dan Menguatkan Persaudaraan, Senin (24/7/2023).

Dandim 0707/Wonosobo yang diwakili Pasi Pers Letda Inf Dremo dalam pembukaannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu pembinaan anggota agar mereka memiliki iman dan ketaqwaan yang selalu tinggi.

Menurutnya pada dasarnya iman dan taqwa itu mengalami pasang surut,  untuk itu agar bisa stabil tingkat keimanannya maka diharapkan sering mendengarkan siraman rohani seperti kali ini.

“Pembinaan mental anggota harus selalu diberikan secara rutin, bertingkat dan berjenjang.  Dengan berbagai macam cara mengingatkannya. Salah satunya adalah dengan cara mengadakan ceramah untuk mengingatkan anggota agar selalu meningkatan tingkat keimanan dan ketaqwaannya.  Jika iman dan taqwa baik maka akan berimbas pada etos kerja,” kata Pasi Pers.

Baca juga :  Polres Wonosobo Sosialisasikan Operasi Patuh Candi 2024 di SMA Muhammadiyah

Ustadz Asnawi dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa di bulan Muharram ini banyak peristiwa penting yang perlu diketahui oleh seorang muslim.

“Dengan mengetahui peristiwa tersebut maka kita sebagai umat yang beriman akan bisa mengambil hikmahnya. 15 peristiwa besar itu adalah Diciptakannya Nabi Adam AS dan istrinya (Hawa). Diterimanya taubat Nabi Adam AS setelah diusir dari surga, Allah SWT mengangkat derajat Nabi Idris AS, Nabi Nuh AS selamat dari banjir bandang, selamatnya Nabi Ibrahim AS dari kobaran api raja Namrud, Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS, Nabi Yusuf AS terbebas dari hukuman penjara, sembuhnya Nabi Ya’qub AS dari kebutaan, Nabi Ayyub AS sembuh dari penyakit kulit menahun, Nabi Yunus AS berhasil keluar dari perut ikan Nun, Nabi Musa AS dan Bani Israil berhasil lolos dari kejaran raja Firaun, Diampuninya kesalahan Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS mendapat kekuasaan atas kerajaan, Nabi Isa AS diangkat ke langit saat dikepung oleh bangsa Romawi, Diampuninya dosa-dosa yang telah lalu dan yang akan datang dari Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Baca juga :  Komunitas Mobil Vestige Dukung Ahmad Lutfi Maju sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah

Ustad Asnawi mengatakan sebagai umat Islam, kita diharapkan bisa mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut sebagai sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!