Home » Koramil 13/Leksono Bersama SAR dan Masyarakat Membuat Tanggul

Koramil 13/Leksono Bersama SAR dan Masyarakat Membuat Tanggul

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Koramil 13/Leksono Kodim 0707/Wonosobo dipimpin Batuud Peltu Rohmat bersama SAR serta masyarakat melaksanakan karya bakti pembuatan tanggul penahan erosi di sungai Preng. (26/6/2023)

Kades Besani Budi Santoso mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya Koramil 13/Leksono yang telah memberikan arahan dan masukan untuk bersama-sama melaksanakan karya bakti membuat tanggul di sungai Preng.

“Kami atas nama masyarakat Desa Besani mengucapkan terima kasih kepada Koramil dan SAR yang telah bersama – sama masyarakat melaksanakan pembuatan tanggul dalam rangka menahan erosi dari aliran sungai Preng.  Ini harus dibuat mengingat diatas sungai terdapat mushola yang saat ini sudah sangat dekat dengan bibir sungai.  Jika tidak dibuat tanggul sangat membahayakan bisa terjadi longsor. Apalagi tinggi tebing kurang lebih 50 M. Dengan dibuatkan tanggul ini diharapkan tebing tidak terkikis oleh derasnya aliran sungai.” Kata Kades.

Baca juga :  Penyaluran Bansos Jum'at Berkah Kapolres Wonosobo dalam Rangka Ops Patuh Candi 2024

Dalam karya bakti ini dilaksanakan hanya membuat tanggul sementara, yaitu memindahkan batu yang ada ke pinggir tebing. Dengan adanya batu ini aliran sungai akan pindah ke sebelah kanan sehingga tidak menggerus tebing.

Pembuatan tanggul ini bersifat sementara sambil menunggu anggaran yaitu dibuat senderan secara permanen menggunakan bronjong atau senderan tembok. Jika itu bisa terlaksana maka akan lebih aman dari terkikisnya aliran sungai, ujar Budi Santosa.

Peltu Rahmat menambahkan kita saat ini bersama – sama SAR dan masyarakat melaksanakan karya bakti sebagai salah satu langkah antisipasi agar tidak terjadi longsor atau terkikisnya tebing akibat terjangan aliran sungai.

“Saat ini kita bersama – sama memindahkan batu sebagai tanggul penahan dari aliran sungai dengan harapan aliran sungai tidak terus menerus menggerus tebing yang bisa mengakibatkan tebing longsor.  Jika itu terjadi kerugian akan semakin besar sebab diatas tebing terdapat mushola” kata Peltu Rahmat.

Baca juga :  Bawaslu Wonosobo Himbau Sortir dan Lipat Surat Suara Sesuai Prosedur

Kita hadir membantu kesulitan masyarakat dengan harapan pekerjaan bisa cepat teratasi, musibah bisa dihindari sehingga kerugian tidak terjadi.  Pungkas Batuud.

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!