Home » Kodim 0707/Wonosobo dan Hotel Harvest Ajak Hidup Sehat Dengan Donor Darah

Kodim 0707/Wonosobo dan Hotel Harvest Ajak Hidup Sehat Dengan Donor Darah

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Kodim 0707/Wonosobo bersama Hotel Harvest melaksanakan donor darah secara rutin. Kegiatan donor darah ini sebagai bentuk ajakan hidup sehat. (29/8/2023)

Komandan Kodim Letkol Inf Helmy yang diwakili Pasi Ter Kodim Kapten Y. Nurbiyanto menyampaikan Kodim mengajak semua komponen untuk mengajak masyarakat mau donor darah. Karena dengan donor tersebut sangatlah banyak manfaatnya. Selain menolong orang yang membutuhkan akan membawa dampak sehat bagi pendonor.

“Mengikuti donor darah rutin banyak manfaat yang bisa diperoleh yaitu mengurangi tingkat stres. Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika rutin mendonorkan darah adalah mengurangi tingkat stres. Mood menjadi lebih baik, tidak cepat marah, dan tidak mudah tersinggung. Dijelaskan Mental Health Foundation, dalam salah satu artikel di liputan6.com, bahwa donor darah rutin dapat meningkatkan persepsi pada keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan seseorang,” kata Kapten Inf Helmy.

Baca juga :  Kapolres dan Forkopimda Meninjau Pos Pengamanan Natal di Gereja-Gereja Wilayah Wonosobo

Manfaat kedua adalah dapat mengontrol kolesterol darah yang ada. Kekentalan darah akan terus termanage dengan baik, karena secara praktis ada darah yang dikeluarkan, dan produksi sel darah baru segera dilakukan. Jelas saja hal ini bisa membawa efek baik pada kesehatan secara umum, karena kolesterol jahat dapat berkurang dan gula darah juga menurun.

Tidak jarang kadar zat besi di tubuh terlalu tinggi atau berlebihan, jadi perlu metode tepat untuk menyeimbangkannya. Nah, donor darah jadi salah satu metode yang tepat untuk urusan ini. Zat besi yang terlalu banyak akan menumpuk di pembuluh darah, liver, hingga jantung. Dengan donor yang rutin, hal ini bisa dihindari.

Baca juga :  Kodim Wonosobo Sengkuyung Apel Gelar Relawan Dan Gladi Kesiapsiagaan Bencana

Saat mendonorkan darah, maka akan menjalani tes kesehatan untuk memastikan kondisi tubuh. Di sini dapat dideteksi resiko penyakit apa, atau bahkan penyakit yang sudah ada di dalam tubuh secara dini, sehingga bisa diambil langkah cepat untuk mengatasinya. Apalagi jika penyakit yang terdeteksi adalah penyakit parah, maka akan ada keuntungan besar sebab dapat diketahui sedini mungkin.

Membantu Menghindari Kegemukan. Setidaknya, ada sekitar 650 kalori yang terbakar setiap 450 ml darah yang didonorkan. Kesehatan jantung, dengan kondisi darah yang kekentalannya terjaga di titik ideal, maka kerja jantung tidak akan menjadi lebih berat. Resiko adanya penyumbatan akibat gumpalan darah di pembuluh jantung dapat dikurangi secara signifikan.

Baca juga :  Daftar Calon Sementara Partai GERINDRA Dapil 2 Wonosobo

Menurunkan resiko kanker, manfaat ketujuh adalah dapat menurunkan resiko kanker yang dialami oleh seseorang. Hal ini berkaitan dengan kadar zat besi yang lebih terkontrol berkat donor secara rutin. Zat besi yang terlalu tinggi dapat dihinggapi radikal bebas. Ini yang memicu risiko kanker meningkat. Namun dengan kadar zat besi yang normal, maka risiko kanker dapat ditekan. Pungkas Letkol Inf Helmy.

You may also like

Leave a Comment