Home » HARKOPNAS ke-76, Wonosobo Gelar Workshop

HARKOPNAS ke-76, Wonosobo Gelar Workshop

Perekonomian

by Manjie
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Peringatan Harkopnas ke-76 di Kabupaten Wonosobo ditandai dengan serangkaian kegiatan yang diyakini mampu meningkatkan perekonomian rakyat. Salah satunya adalah Workshop  bagi Pengurus Koperasi yang digelar hari ini di Pendopo Selatan, Kamis (27/7/2023).

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Setda) Wonosobo, Junaedi Koperasi menjadi pilar penguat perekonomian rakyat dan dasar kekuatan serta ketahanan perekonomian nasional, dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang berorientasi pada kesejahteraan anggotanya.

“Perkembangan koperasi hingga era kini sedemikian pesat, untuk itu, diperlukan komitmen yang kuat dan kapasitas yang memadai para pengurusnya  serta menerapkan pengelolaan yang baik dalam proses bisnisnya, sehingga akan menguatkan perannya dalam perekonomian nasional maupun daerah,” ungkapnya.

Baca juga :  Husim Hujan Turun Koramil Ajak Masyarakat Bersihkan Irigrasi

Menurut Junaidi, era Industri 4.0 secara bersamaan menghadirkan tantangan dan peluang bagi koperasi, sehingga segenap pengurus koperasi harus mau beranjak dari zona nyaman, mau memahami dan memanfaatkan teknologi digital dalam pengelolaan dan pengembangan koperasi.

Foto, istimewa

“Saya harap seluruh peserta workshop dapat mengikuti secara optimal kegiatan ini, sehingga mampu menjawab tantangan zaman dalam mengembangkan koperasi, sekaligus mampu mengidentifikasi dan mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing koperasi. Saya sungguh-sungguh berharap, perekonomian lokal dapat berkembang dan menguat, sehingga angka kemiskinan dapat turun secara berkelanjutan, serta taraf hidup masyarakat akan meningkat.,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan Pemkab sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan akan mampu merangsang perkembangan dan pemberdayaan koperasi di Kabupaten Wonosobo.

Baca juga :  Satgas TMMD Reguler ke-120 Kodim 0707/Wonosobo Berpacu Dengan Waktu Selesaikan Rolak Jalan

Kapasitas pengelola koperasi Wonosobo dapat lebih meningkat, sehingga mampu mengembangkan koperasi tanpa mengalah pada tantangan zaman, yang akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM (Disdagkop UKM) Wonosobo Suprapti menjelaskan, Workshop dengan tema “Tantangan dan Peluang Bisnis Koperasi” merupakan rangkaian Menyemarakan Peringatan HARKOP ke-76 Tingkat Kabupaten Wonosobo Tahun 2023.

Hal tersebut juga menjadi media refleksi bagi pengurus Koperasi agar melakukan Pengelolaan Koperasi dengan lebih baik.

“Workshop yang diikuti 130 Pengurus Koperasi di Kabupaten Wonosobo ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kepada para pengurus koperasi di Kabupaten Wonosobo tentang strategi bisnis koperasi sebagai upaya untuk mengembangkan peluang yang ada,” ungkap Suprapti.

Baca juga :  Berbagai Kelompok Se-Jawa Tengah Berpartisipasi di Festival Rebana Al Banjari yang Digelar AMK Jateng

Selain itu, kegiatan diharap mampu menggelorakan gerakan Bangga Berkoperasi di Kabupaten Wonosobo dan seluruh masyarakat.

Dikatakannya puncak Harkopnas ada di 29 Juli 2023 dengan menggelar mini expo bagi koperasi dan pelaku UKM, jalan sehat, festival musik dan panggung hiburan.

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!