Home » Golden Sun Rise yang Melegenda Dari Bukit Sikunir Dieng

Golden Sun Rise yang Melegenda Dari Bukit Sikunir Dieng

Destinasi Wisata

by Manjie
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Bukit Sikunir yang melegenda dengan golden sunrise-nya menjadi tempat wisata yang menarik di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo. Tidak sekedar berwisata, namun juga menguji fisik.

Objek wisata ini terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo yang memiliki suhu udara yang sangat dingin namun menyegarkan.

Beberapa fasilitas juga terdapat di objek wisata ini seperti tempat parkir luas, kamar mandi, musala, camping ground, hingga tempat makan di kaki bukitnya.

Bukit Sikunir atau bisa disebut Puncak Sikunir menjadi primadona bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan sun rise super indah dari dataran tinggi .

Di Bukit Sikunir menjadi menarik bagi wisatawan karena menawarkan pemandangan indah dan berawan matahari terbit. Perjalanan jelang pagi hari atau subuh sangat direkomendasikan agar mendapat pemandangan sesuai harapan.

Doc. Dieng Travelia

Tempat ini menarik, karena terlihat beberapa gunung menawan di Jawa Tengah yang nampak jelas dan eksotis dari puncak Bukit Sikunir . Beberapa gunung ini adalah puncak Sumbing, Sindoro, Merbabu, dan Merapi.

Baca juga :  7 Destinasi Dieng Yang Bakal Bikin Kamu Sulit Move On

Belum lagi diwaktu tertentu nampak hamparan awan yang menyeruapi lautan yam membuat sensasi negeri diatas awan.

Perjalanan menuju puncak Bukit Sikunir tergolong cukup singkat, hanya dibutuhkan sekitar 20 hingga 40 menit tergantung kondisi fisik masing-masing orang.

Jika beruntung, cuaca cerah, bagus dan berawan, dipastikan deretan puncak di Jawa Tengah akan membuat wisatawan tercengang.

Tidak sekedar puncak-puncak gunung yang terlihat, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan Dieng dari pertanian, rumah-rumah warga, hingga telaga yang indah.

Doc. Dieng Travelia

Di sisi barat puncak bukit terlihat juga pemandangan Telaga Cebong yang berdampingan dengan lokasi parkir dan camping ground.

Untuk dapat menjajal wisata ke Bukit Sikunir, wisatawan akan dikenakan tiket masuk Rp10.000 (harga bisa terjadi penyesuaian) dan juga tiket parkir.

Baca juga :  Destinasi Wisata Kebun Teh Panama Wonosobo

Bukit Sikunir dibuka setiap hari, kapan pun pendaki ingin melihat pemandangan indah dari bukit bisa melakukan tracking singkat.

Wisatawan diharapkan membawa logistik dan air minum karena meskipun hanya bukit, perjalanan cukup melelahkan dan area puncak bukit bersih dari pedagang.

Selain itu pastikan menggunakan jaket tebal, sepatu, hingga sarung tangan karena suhu udara di Dataran Tinggi Dieng bisa mencapai suhu ekstrem dengan minus derajat, terlebih saat musim kemarau.

Dan juga jangan lupa mengisi daya handphone agar dapat mengambil foto-foto indah dan Instagramable untuk dibagikan di media sosial.(*/ap)

You may also like

Leave a Comment