Rutan-Kanim Wonosobo Gelar Jalan Sehat
Home » Gelorakan Semarak KTT G20, Rutan-Kanim Wonosobo Gelar Jalan Sehat

Gelorakan Semarak KTT G20, Rutan-Kanim Wonosobo Gelar Jalan Sehat

by Tri Laksono Adi Prabowo

Wonosobo, satumenitnews.com – Gelorakan semarak KTT G20, Rutan-Kanim Wonosobo gelar jalan sehat pada Jumat (21/10/2022) kemarin.

Hal tersebut dalam rangkan sukseskan KTT G20 di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Kepala Rutan Wonosobo, Narya berujar KTT G20 merupakan forum multilateral dengan 19 anggota dari negara utama beserta Uni Eropa (EU).

Dalam gelaran itu disebut-sebut mewakili sekira 60% populasi bumi, 75% perdangangan global, dan 80% PDB dunia.

Misi utama dalam KKT G20 tersebut yakni untuk mengatasi krisis, khususnya yang melanda di Asia, Rusia serta Amerika Latin.

Sehingga bakal diperoleh petumbuhan global yang lebih kuat, sustainable, seimbang dan inklusif dari negara maju serta berkembang.

Baca juga :  Teguhkan Good Government, ASN Pemkab Wonosobo Harus Melek HAM

Forum yang sedikit berbeda, KTT G20 tidak memiliki sekretariat tetap. Fungsi presidensi dipegang oleh negara anggota secara bergantian tiap tahunnya.

Indonesia sendiri sukses menjadi presidensi setelah dilakukan serah terima dan pengukhan pada akhir KTT Roma tahun lalu silam.

“Fungsi presidensi dipegang oleh salah satu negara anggota, yang berganti setiap tahun, dan sebagaimana ditetapkan pada Riyadh Summit 2020, Indonesia akan memegang presidensi G20 pada 2022 ini,” tandas Narya.

Kegiatan jalan santai tersebut diakhiri dengan pembagian stiket KTT G20 dengan tema ‘Recover Together, Recover Stronger’. ***

You may also like

Leave a Comment