Home » Dandim Bersilaturahmi Para Ulama di Wonosobo

Dandim Bersilaturahmi Para Ulama di Wonosobo

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Inf  Helmy didampingi Pasi Log Kapten Inf Sugeng Hariyanto, Pasi Pers Letda Dremo dan anggota yang lain melaksanakan silaturahmi/kunjungan ke para ulama dan tokoh masyarakat di lingkungan Kabupaten Wonosobo.

Kali ini Dandim bersilaturahmi ke rumah KH. Abdurrahman Efendi Al Hafidz selaku pengasuh Pondok Pesantren Nurun Alannur dan juga Ketua PCNU Wonosobo. Dan ke KH. Muslim Saefudin Pengasuh Ponpes Al Ghozali Siwatu Watumalang, Senin (19/6/2023).

Pada kesempatan itu Dandim mengatakan, agendanya berkeliling wilayah dan bertemu langsung dengan para tokoh ulama di Wonosobo sebagai sarana untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat baru dan juga untuk mendapatkan informasi tentang Wonosobo dari para ulama.

Baca juga :  Sambut HUT RI Ke 78 Kodim 0707/Wonosobo Baksos dan Bersihkan Pasar

“Sudah menjadi tradisi yang baik dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Tradisi tersebut adalah jika pindah ke suatu tempat maka sebagai pendatang memperkenalkan diri sebagai orang baru dengan maksud bisa diterima menjadi warga setempat,” kata Letkol Inf Helmy.

Menurutnya sebagai orang baru, seorang pimpinan harus bersilaturahmi dan berkenalan dengan para tokoh yang ada di wilayah tersebut untuk memudahkan dalam melaksanakan tugas.

Ia juga berpendapat bahwa permasalahan di wilayah sangatlah kompleks dan penuh dinamika.  Itu harus dikerjakan secara bersama–sama dengan melibatkan semua komponen masyarakat yang ada.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, silaturahmi dengan ulama sangat penting dilakukan untuk bertukar pendapat, karena ulama merupakan tokoh panutan di masyarakat.

Baca juga :  Hari Kedua Berdinas, Afif Nyatakan Tidak Anti Kritik Kepada Wartawan

“Mereka memiliki jamaah yang jumlahnya mencapai puluhan ribu.  Itu sangat potensial menyampaikan program-program yang dicanangkan oleh pemerintah. Yang intinya kami mempererat persaudaraan, terlebih kepada alim ulama dan tokoh masyarakat merupakan panutan di masyarakat. Dan saat ini sudah memasuki tahun politik, dimana permasalahan mudah terjadi. Untuk itu peran ulama sangatlah penting bersama-sama menjaga keamanan stabilitas wilayah,” tegas Dandim.

KH. Abdurrahman Efendi mengucapkan selamat datang di Wonosobo. Dia juga mengatakan bahwa mereka sama-sama menjadi panutan masyarakat, untuk itu hubungan yang baik antara ulama dan umaro sangatlah penting bersama–sama menjaga umat.

“Kita bersama – sama mengawal umat hanya beda cara saja.  Kalau para kyai mengajak lewat jalur agama sedangkan Kodim mengarahkan umat untuk selalu rukun dan mencintai tanah air. Kita semua butuh silaturahmi, silaturahmi yang terjalin dengan baik akan menambah dan memperkuat Persatuan dan Persaudaraan kita sebagai umat manusia,“ pungkas KH Abdurrahman Efendi Al Hafidz.

Baca juga :  Pekerjaan RTLH Program TMMD Reguler ke-120 Kodim 0707/Wonosobo Capai Diatas 65% dalam 16 Hari

 

You may also like

Leave a Comment