Home » Berwisata Vulkanik Kawah Sikidang Dataran Tinggi Dieng

Berwisata Vulkanik Kawah Sikidang Dataran Tinggi Dieng

Wisata

by Manjie
Listen to this article

WONOSOBO, SATUMENINEWS.COM –¬† Kawah Sikidang menjadi salah satu wisata unik berada di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Tak lengkap rasanya jika berwisata di Dieng tanpa mendatangi objek Kawah Sikidang yang memiliki filosofi tersendiri.

Kawah Sikidang yang merupakan kawah vulkanik aktif konon katanya disebut Kawah Sikidang karena kawah tersebut kerap berpindah-pindah layaknya kidang.

Objek wisata Kawah Sikidang tepatnya berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Untuk sampai ke objek wisata bisa melalui rute Banjarnegara kemudia Batur, atau melalui Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Lokasi Kawah Sikidang  juga tak jauh dari destinasi wisata lain seperti Gunung Prau, Sikunir, Candi Arjuna, Telaga Warna dan beberapa objek wisata menarik lain yang masih termasuk dalam Dataran Tinggi Dieng.

Baca juga :  Penutupan Festival Mudik 2023, 30 Balon Tradisional Hiasi Langit Wonosobo

Objek wisata ini buka setiap hari dari jam 07.00 – 17.00 WIB, jadi tidak perlu khawatir kapan pun wisatawan ingin mengunjungi, Kawah Sikidang tetap buka. Untuk harga tiket masuk juga terjangkau sekitar Rp20.000 per orang termasuk tiket ke Komplek Candi Arjuna.

Wisatawan yang berniat mengunjungi objek Kawah Sikidang harus bersiap menggunakan masker, sebab tercium bau belerang tajam di sekitar lokasi objek wisata yang bisa menganggu kesehatan.

Doc. Deing Travelia

Beberapa spot foto menarik yang Instagramable tentunya serta wahana permainan menyenangkan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Wahana yang tersedia termasuk berkuda, motor cross, ATV, Flying Fox, dan beberapa wahana menarik untuk mengelilingi objek wisata.

Baca juga :  Kenikmatan Sei Sapi Maitua Wonosobo Tak Ada Duanya

Namun perlu dicatat, untuk wahana permainan wisatawan harus membayar lagi tidak termasuk tiket masuk.

Selain itu di objek wisata ini terdapat fasilitas yang memadai, seperti parkir luas, kamar mandi, musala, hingga tempat oleh-oleh.

Untuk berwisata ke objek ini, sangat direkomendasikan agar menghindari akhir pekan, sebab banyak sekali wisatawan yang berkunjung.

Kawah Sikidang cocok menjadi pilihan berwisata keluarga untuk mengabadikan momen bersama. Tentu dengan memenuhi dengan foto-foto yang indah.

Namun, perlu diperhatikan bagi wisatawan untuk tetap menjaga keselamatan ketika berada di lokasi wisata.(*/ap)

 

You may also like

Leave a Comment