Afif Nurhidayat
Home » Afif Nurhidayat Tekanankan Kesadaran Bela Negara

Afif Nurhidayat Tekanankan Kesadaran Bela Negara

by Tri Laksono Adi Prabowo
Listen to this article

[WONOSOBO, SATUMENITNEWS.COM] – Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat tekankan kesadaran bela negara melalui peningkata sumber daya manusia (SDM) bagi seluruh warga negara.

Bertepatan pada Upacara Hari Bela Negara (HBN) ke-74 pada Senin (19/12), Afif menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang meluputi nilai positif unggul, inovatif, produktif, dan berdaya saing.

“Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara, mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin kompleks, selain itu membangun SDM yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing,” terang Afif.

Menurutnya Peringatan HBN ke-17 tersebut dapat menjadi waktu yang tepat untuk meneguhkan niat bahwa bela negara merupakan upaya kita bersama sebagai komponen bangsa.

Baca juga :  Deklarasi Pilkades Damai Digaungkan oleh Balon Kades

“Bela negara adalah bagian dari sikap, perilaku, dan tindakan warga negara dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara, juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban guna pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Wonosobo tersebut, tugas dan tanggung jawab dalam bela negara yakni bergantung pada peran yang kita emban menurut profesi masing-masing.

“Nilai-nilai dasar bela negara seperti cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara harus terus diimplementasikan baik di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat,” tutupnya. ***

Baca juga :  Dandim Wonosobo Jadi Pimpinan Ziarah Dalam Rangka Hari Jadi Wonosobo ke 198

You may also like

Leave a Comment