Home » Sistim Keamanan Pariwisata di Wonosobo Jadi Prioritas Bupati

Sistim Keamanan Pariwisata di Wonosobo Jadi Prioritas Bupati

by Wiwid
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Kabupaten Wonosobo memiliki banyak destinasi wisata dan menciptakan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang berkunjung di kawasan ini menjadi prioritas.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat membuka Pelatihan Kepemanduan (Badan Penyelamat Wisata Tirta) Balawista, Senin (18/08/2023) di Pibee Resto, oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo.

Adanya pelatihan ini wisata tirta dapat dikelola secara professional termasuk para pemandunya mampu berkapabel, professional, memiliki kompetensi berkualitas terkait pekerjaannya.

“Semoga adanya pelatihan ini mampu meningkatkan SDM yang berkompeten pada wisata air sehingga berdampak positif khususnya kemajuan pembangunan sektor pariwisata,” kata Afif.

Menurutnya, pemandu wisata sebagai garda terdepan dalam melayani para wisatawan dalam memperkenalkan keindahan Wonosobo sekaligus memberikan pengalaman berwisata terbaik di Kabupaten Wonosobo.

Baca juga :  Festival Air 2023 di Sumberejo, Angkat Potensi Wisata di Wadaslintang

Ditandaskan Kepala Disparbud Wonosobo Agus Wibowo pelatihan yang diikuti 40 pelaku wisata berbasis tirta diadakannya selama 3 hari dari 18-21 September 2023 guna memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Pemandu Keselamatan Wisata Tirta.

“Kami harap setelah mengikuti pelatihan ini mereka mengetahui dan memahami pengelolaan dan penanganan pencegahan serta pertolongan pada kecelakaan. Dan bagi yang lolos tes secara komprehensif akan mendapatkan sertifikat oleh BNSP,” jelas Agus.

Kepala Disparbud Wonosobo ini menambahkan ketersediaan sumber daya Balawista merupakan ujung tombak, duta dan garda terdepan, guna menjaga keselamatan dan kenyamanan para wisatawan.

“Ikuti kegiatan ini sebaik mungkin hingga mahir agar mampu menolong diri sendiri serta membantu para wisatawan.” Instruksinya. (Wid)

Baca juga :  Abdul Halim Ngadem di Desa Bojasari Wonosobo, BUMDes Jadi Obrolan Hangatnya

You may also like

Leave a Comment