Home » Program TMMD Sengkuyung Sukseskan KB di Wilayah

Program TMMD Sengkuyung Sukseskan KB di Wilayah

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Deroduwur Mojotengah tahun 2023 ini tidak hanya melaksanakan pembangunan fisik saja. Akan tetapi pembangunan non fisik juga ikut diprogramkan. Salah satunya adalah kegiatan  KB yaitu pemasangan implant bertempat di Balai Desa Deroduwur, Rabu (2/8//2023).

Koordinator kegiatan KB sekaligus Bidan Desa, Septiana Rahayu saat pelaksanaan kegiatan menyampaikan kegiatan pemasangan alat kontrasepsi KB ini bekerja sama dengan Kodim 0707/Wonosobo melalui kegiatan TMMD Sengkuyung.

Dengan adanya kerjasama ini lingkup cakupannya meliputi beberapa desa mulai dari Desa Deroduwur, Slukatan, Derongisor, Kebrengan, Gunturmadu dan Pungangan.

“Safari KB kali ini dilaksanakan bekerja sama dengan Kodim 0707/Wonosobo  melalui program TMMD Sengkuyung.  Dengan adanya kerja sama tersebut berhasil menjaring peserta dari beberapa desa sehingga jumlah peserta menjadi lebih banyak yaitu sejumlah 23 orang yang memasang kontrasepsi KB dengan jenis implant,” kata Septiana Rahayu.

Baca juga :  Genjot Nol Persen Kemiskinan Ekstrim, Pemasangan Listrik dilakukan pada 20 Desa di Wonosobo

Lebih lanjut disampaikan alat kontrasepsi KB yang paling banyak diminati di desa saat ini adalah suntik dan implant.

Karena jenis ini dianggap lebih efektif dan mudah untuk digunakan serta cocok untuk anda yang sering lupa mengkonsumsi pil KB, karena pemakaiannya tidak perlu digunakan secara berulang.

“Beberapa kelebihan dari kontrasepsi Implant antara lain cocok digunakan untuk wanita yang tidak bisa menggunakan alat kontrasepsi yang mengandung estrogen; Efektivitas implan lebih dari 99 persen dan dapat digunakan selama 3 tahun; Sangat berguna bagi mereka yang kesulitan untuk mengonsumsi pil pada waktu yang sama setiap hari; Implan dapat segera dikeluarkan jika Anda mengalami efek samping; Kesuburan dapat segera kembali ketika implan dilepaskan ; Harganya terbilang murah karena Anda hanya perlu menggunakannya satu kali selama 3 tahun tanpa perlu penggantian rutin setiap bulan,“ ujarnya.

Baca juga :  Bangun Kerukunan Umat Beragama, Kodim 0707/Wonosobo Komsos Dengan Tomas dan FKUB

Kapten Inf Nowo Kiswanto selaku Danramil 03/Mojotengah menambahkan bahwa program TMMD adalah sebuah program yang dilakukan oleh TNI dalam rangka membantu percepatan pembangunan.

Dalam pembangunan ini tidak hanya berupa fisik saja akan tetapi juga non fisik.

Seperti saat ini salah satu program non fisik adalah bekerja sama dengan Dinas KB menyelenggarakan pemasangan implant kepada para akseptor.

“Program KB di Indonesia sangatlah penting dilaksanakan sebab saat ini jumlah penduduk di Indonesia sudah lebih dari 165 juta.  Itu merupakan jumlah yang sangatlah banyak. Sementara luas lahan yang ada tidak bertambah.  Untuk itu perlu sebuah upaya untuk melakukan pengaturan pertambahan jumlah penduduk agar tidak mengalami ledakan jumlah penduduk,” terang Danramil.

Baca juga :  Peraturan Bupati Wonosobo Nomor 44 Tahun 2022 Tentang Pedoman Pengelolaan Pasar Rakyat Milik Pemerintah

You may also like

Leave a Comment