Home » Muscab DPC Organda Wonosobo, Susun Kepengurusan Baru

Muscab DPC Organda Wonosobo, Susun Kepengurusan Baru

by Hasan

WONOSOBO – DPC (Dewan Pengurus Cabang) Organda (Organisasi Angkutan Darat) Kabupaten Wonosobo mengadakan Musyawarah Cabang (Muscab) di Rumah Makam Warkom NU Mart, pada Selasa (16/12/2021).

Berakhirnya masa kerja kepengurusan DPC Organda Kabupaten Wonosobo pada Agustus 2020 lalu, dan belum dipilihnya ketua dan kepengurusan DPC Organda periode 2021-2026 meletarbelakangi sesegera mungkin melakukan musyawarah internal.

Acara yang dihadiri Wakil Bupati Wonosobo, Disperkimhub, DPD Organda tingkat Provinsi Jawa Tengah, Direktur koperasi angkutan umum, ketua paguyuban angkutan umum, dan Perwakilan PT Jasa Raharja tidak hanya membahas mengenai kepengurusan baru, namun juga aturan yang mengatur angkutan umum harus berbadan hukum seperti PT maupun koperasi.

Ketua DPC Organda Wonosobo, Muhammad Khairy menjelaskan bahwa ketatnya aturan mengenai prosedur pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) angkutan umum yang harus berbadan hukum, memakan waktu yang cukup panjang dan rumit, pasalnya kepengurusan tersebut melalui banyak tahapan yang harus dilalui, dan berhubungan dengan birokrasi yang tidak satu tempat atau harus berhubungan dengan banyak Instansi.

Baca juga :  Harap Program PTSL Wonosobo Rampung 2025, Afif: Saya Mohon Dukungan dan Sinergitas

“Muscab kali ini selain membahas kepengurusan baru periode 2021-2026, juga membahas permasalahan permasalahan yang terjadi selama ini. Dengan harapan akan menemukan titik temu ataupun solusi dari permasalahan permasalahan yang ada. Dengan mendengarkan masukan masukan dari anggota maupun dari pemerintah serta stekholder yang ada,” pungkas Khairy.

Sementara Wakil Bupati Wonosobo, Drs. Muhammad Albar, MM saat membuka Mucab DPC Organda Kabupaten Wonosobo menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Musayawarah Cabang Organisasi Angkutan Darat Kabupaten Wonosobo Tahun 2021.

Selain sebagai media silaturahim, MUSCAB ini juga merupakan wahana untuk melahirkan keputusan-keputusan strategis organisasi, selaras dengan amanat Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART).

“Oleh karena itu, saya berharap MUSCAB ini tidak dilaksanakan sekedar seremonial tahunan saja, namun diharapkan dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, sehingga mampu menghasilkan pengurus baru yang amanah dan profesional serta memiliki komitmen untuk memajukan Organisasi Angkutan Darat maupun daerah, bangsa dan negara, khususnya dalam rangka membawa Wonosobo agar lebih maju dan sejahtera,” ungkap Wabup.

Baca juga :  Koramil 01/Wonosobo Gelar Apel 3 Pilar Sambut Nataru

Wabup juga menekankan bahwa pembangunan ekonomi dengan transportasi memiliki hubungan simbiosis, dimana melalui sebuah sistem transportasi yang efisien dapat mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Namun beragam tantangan dihadapi transportasi darat, yang semakin hari semakin kompleks.

Demi menjawab harapan masyarakat terhadap insan angkutan darat, terutama dalam memberikan pelayanan khususnya terkait aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan dan keterjangkauan.

Tentunya dalam menghadapi tantangan strategis angkutan darat perlu kita sikapi bersama-sama, dengan meningkatkan kualitas SDM sektor transportasi, baik dari aspek regulator maupun operator yang harus selalu di up-to date dan ditingkatkan.

“Sehubungan dengan peran penting transportasi darat dan tantangan yang dihadapi, saya berharap kepada seluruh anggota Organda untuk dapat bekerjasama dengan pemerintah, untuk terus berkoordinasi mengatasi tantangan serta memajukan transportasi darat, tentunya masih banyak kebijakan-kebijakan strategis pemerintah terkait transportasi darat yang harus disinergikan dengan Kepolisian maupun Organda. Oleh karena itu kita semua harus sering duduk bersama sehingga ketika ada permasalahan akan lebih mudah diselesaikan. Sehingga akan mendukung upaya kita bersama bagi suksesnya pembangunan di Kabupaten Wonosobo,” pungkas Wabup.

Baca juga :  Bupati Kudus Minta Masyarakat Jaga Kondusifitas Wilayah Jelang Nataru

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan, Agus Hartato menanggapi hal tersebut dengan menjelaskan bahwa pihaknya akan berupaya transparan dan terus bekerja sama maksimal dalam mengaplikasikan aturan yang berlaku dengan tetap memahami kendala di lapangan.

Harapan kedepan, DPC Organda Wonosobo dapat meningkatkan kinerja dan berhasil guna agar dapat bersinergi dengan pembangunan di segala sektor khususnya jasa angkutan umum yang ada di Kabupaten Wonosobo.

You may also like

Leave a Comment