Home » Merasa Berat, Zara Minta Rambut Gembelnya Dipotong

Merasa Berat, Zara Minta Rambut Gembelnya Dipotong

by Manjie
WONOSOBO – Zara I’anatul Maulida (8) putri kedua pasangan Mad Aris dan Sri Mardhiyah warga Dusun Siterus Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo tiba-tiba meminta rambut gembelnya dipotong. Bukan sebuah rahasia jika anak berambut gembel di dataran tinggi Dieng meminta rambutnya dipotong, maka harus digelar sebuah ritual agar rambut si anak tidak kembali gembel.
Merasa Berat, Zara Minta Rambut Gembelnya Dipotong

Masyarakat sekitar pegunungan Dieng mempercayai anak yang berambut gembel merupakan keturunan Kiai Kolodete, mitos tersebut turun-temurun dalam kehidupan masyarakat Dieng. Mereka percaya bahwa rambut gembel hanya boleh dipotong bila anak yang bersangkutan sudah menghendaki. Tak hanya itu permintaan juga harus dituruti dan dilakukan ritual ruwatan.

Sri Mardhiyah, ibunda Zara bercerita dari satu bulan lalu Zara terus meminta kepadanya agar rambut gembelnya untuk segera dipotong. Selang dua minggu terakhir hampir tiap waktu meminta dengan alasan sudah tidak kuat karena merasa rambutnya semakin berat.

Baca juga :  GOKLAT Bagi-Bagi Ratusan Takjil untuk Penggun Jalan

Sejak Setahun Lalu Zara Minta IB Yang Memotong Rambutnya

Dalam permintaannya, Zara berkehendak yang memotong rambut gembelnya adalah IB Nugroho atau biasa akrab di panggil Canux yang merupakan ketua Paguyuban Pelaku Wisata Dieng (PPWD).

“Sebulan terakhir ia terus merengek agar rambutnya segera dipotong, kami sebagai orang tua membujuknya untuk menahan keinginannya. Namun dua minggu terakhir dia terus meminta dengan alasan sudah tidak kuat menahan berat rambutnya,” tutur Mardhiyah, Kamis (14/01).

Karena tidak tega, akhirnya hari ini Mardhiyah mengabulkan keinginan putri kedua mereka untuk memotong rambut gembelnya.

Merasa Berat, Zara Minta Rambut Gembelnya Dipotong

Prosesi pemotongan rambut gimbal

Ia juga bercerita Kakak Zara, Ida Masruroh (16) juga mengalami hal serupa beberapa tahun lalu saat naik kelas 3 SD, Sekarang Kakak Zara sudah sekolah di SMP. Permintaan kakaknya dulu adalah 2 ekor kambing dengan 2 warna serta kue klepon satu keranjang besar.

Baca juga :  Satu Hari Satu PNS di Wonosobo Purna Tugas

Sedangkan dari cerita Mardhiyah, permintaan lain Zara adalah satu ekor kambing dan 2 ekor ayam. Mardhiyah merasa lega karena dapat memenuhi keinginan putri keduanya tersebut.

IB Nugroho alias Canux yang mendapat amanat untuk memotong rambut gimbal Zara mengatakan ini adalah pengalaman pertamanya memotong rambut gembel. Canux bercerita ia mendengar informasi keinginan Zara agar dirinya yang memotong rambut gimbalnya sudah satu tahun yang lalu.

“Sebenarnya saya tidak menyangka, saya kira itu hanya sebuah candaan karena Zara bila didepan saya tidak pernah mengatakan secara langsung keinginannya dan saya hanya mendengar keinginan Zara dari perkataan kedua orang tuanya,” kata Canux yang mengaku ada getaran magis saat dirinya memotong rambut gembel Zara. (Manjie/e2)

Baca juga :  Pasang Seng Galfalum, Pekerja Tersetrum Aliran Listrik Tegangan Tinggi

 

 

You may also like

Leave a Comment