Home » Makam Bupati Pertama Di Ziarahi Dandim Bersama Forkopimda

Makam Bupati Pertama Di Ziarahi Dandim Bersama Forkopimda

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Rombongan Forkopimda beserta instansi terkait lainnya melaksanakan ziarah dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Wonosobo ke 198.

Sasaran ziarah kali ini adalah  Makam Kyai Muhamad Ngarpah yang bergelar KRT. Setjonegoro terletak di Dusun Kauman, Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Beliau adalah Bupati Wonosobo yang pertama. (20/7/2023)

Saat mendampingi rombongan tersebut Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Helmy menyampaikan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus sekali karena banyak manfaat yang bisa dipetik.

Faedah dari ziarah adalah sebagai salah satu penghormatan kepada almarhum atas jasa – jasanya. Dengan perjuangan beliau kita semua bisa tinggal dengan nyaman di Wonosobo yang asri ini.

Baca juga :  Bupati Kudus Minta Masyarakat Jaga Kondusifitas Wilayah Jelang Nataru

“Kita yang masih hidup sangat perlu untuk melakukan ziarah ke siapapun khususnya orang tua kita yang sudah meninggal. Atau juga ke para tokoh baik tokoh agama maupun yang lainnya. Dengan berziarah selain untuk mendoakan mereka, yang tidak kalah penting mengingatkan kita semua bahwa suatu saat akan mati.  Agar kita bisa dikenang dengan baik maka selama hidup ini diisi dengan perbuatan yang baik.  Jika tidak bisa minimal jalan berbuat melanggar atau menyakiti orang lain,” kata Dandim.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyampaikan ziarah makam pendiri Wonosobo, merupakan rutinitas tahunan setiap menjelang Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ini, sebagai bentuk penghormatan kepada perjuangan mereka ketika membebaskan Wonosobo dari kolonial penjajahan Belanda, hingga kemudian dapat membentuk pemerintahan sendiri sampai sekarang.

Baca juga :  Koramil dan Polsek Wadaslintang Mengajak Perangi Aksi Bulliying dan Perundungan Anak

“Tradisi ziarah penting untuk terus dilakukan dan dilestarikan agar generasi penerus dapat mengenal serta senantiasa mengingat para pendiri Wonosobo dan bagaimana beratnya perjuangan beliau dahulu. Mereka berjuang dengan mengorbankan harta benda bahkan nyawa pun dipertaruhkan.  Saat ini kita semua tinggal menikmati hasil perjuangan mereka.  Untuk itu para generasi muda diharapkan tahu dan mengerti sejarah mereka dengan harapan bisa meneruskan apa yang telah dirintisnya sejak jaman dahulu kala,” kata Bupati.

You may also like

Leave a Comment