Home » Kodim 0707/Wonosobo Sengkuyung Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini

Kodim 0707/Wonosobo Sengkuyung Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Kodim 0707/Wonosobo nyengkuyung kegiatan Polres pada acara Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini, yaitu kegiatan penanaman pohon secara serentak seluruh Indonesia.  Untuk di Wonosobo bertempat di Taman Fatmawati yang dihadiri Forkopimda beserta pejabat lainnya. (23/8/2023)

Dandim Letkol Inf Helmy saat menanam menyampaikan Wonosobo merupakan daerah hulu.  Dimana terdapat banyak mata air yang mengaliri daerah di bawahnya mulai dari Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Purworejo bahkan sampai Cilacap.

“Penghijauan dilakukan sebagai salah satu upaya menjaga dan melestarikan lingkungan agar tetap terjaga dengan baik.  Dengan terjaganya alam maka sumber mata air akan terus mengalir walaupun saat musim kemarau.  Untuk itu Kodim mendukung semua pihak yang berupaya menjaga dan melestarikan lingkungan seperti saat ini Polres melaksanakan penghijauan secara serentak” kata Letkol Inf Helmy.

Baca juga :  Pemkab Wonosobo Sudah Memulai Vaksinasi Booster, Lansia Jadi Target Utama

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyopuspito menyampaikan program penghijauan serentak seluruh Indonesia sebagai upaya memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78. Program ini mengusung tema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini” sebagai wujud komitmen Polri dalam menjaga kelestarian lingkungan alam.

“Tujuan utama dari kegiatan penghijauan ini adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan, serta berperan dalam upaya antisipasi terhadap dampak pemanasan global yang semakin nyata. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghijauan sebagai langkah awal dalam menjaga bumi” kata Kapolres.

“Isu global yang dibicarakan dewasa ini adalah pemanasan global, perubahan iklim, banjir, dan erosi akibat rusaknya ekosistem. Penanaman pohon dapat berfungsi dalam mencegah banjir dan longsor saat musim hujan, dan mencegah kekeringan saat musim kemarau. Pohon berperan penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Manfaat terbesar dari pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan seluruh makhluk hidup,” ujarnya.

Baca juga :  Pemukulan Gong Sebagai Dimulainya TMMD Sengkuyung Tahap I

Kapolres Wonosobo juga mengatakan bahwa program penanaman pohon merupakan program yang sangat baik dilaksanakan karena mengenai lingkungan yang terus harus dijaga kelestariannya sehingga bisa menjadi warisan bagi anak cucu kelak.

You may also like

Leave a Comment