Home » Dandim Perintahkan Anggota Waspada Bencana di Musim Penghujan

Dandim Perintahkan Anggota Waspada Bencana di Musim Penghujan

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article
Wonosobo, SatumenitNews – Wilayah Indonesia saat ini mulai memasuki musim penghujan. Termasuk wilayah Kabupaten Wonosobo yang terkenal dengan sebutan kota hujan. Begitu tingginya curah hujan yang terjadi ternyata membawa dampak terjadinya bencana tanah longsor dan banjir bandang hampir semua kecamatan. Melihat permasalahan tersebut Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Helmy memerintahkan anggotanya agar waspada dan bantu warga bila terjadi bencana. (6/12/2023)
“Wilayah Wonosobo hampir setiap hari mulai siang hingga malam diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Sementara kondisi wilayah merupakan daerah pegunungan dengan tingkat kemiringan yang cukup tinggi ditambah lagi pohon besar sudah semakin jarang. Hal ini menjadi potensi terjadinya bencana tanah longsor. Saat ini bencana longsor sudah mulai terjadi di beberapa tempat seperti di Kejiwan Wonosobo, Deroduwur Mojotengah dan sebagainya” kata Dandim.
Dengan melihat situasi yang ada saat ini dan ini baru permulaan memasuki musim penghujan maka Dandim memerintahkan anggotanya agar selalu waspada terhadap lingkungan sekitar khususnya wilayah binaannya. Dengan kewaspadaan tersebut diharapkan jika terjadi bencana kerugian bisa diminimalisir.
“Kepada semua anggota Kodim 0707/Wonosobo saya perintahkan untuk mewaspadai wilayahnya terhadap bencana. Karena saat ini curah hujan cukup tinggi setiap harinya. Segera berikan pertolongan pertama jika terjadi bencana di wilayah, seandainya bencana terjadi dengan skala besar dan membutuhkan bantuan maka segera laporkan” ujar Letkol Inf Helmy.
Kepala BPBD Wonosobo Bambang Triyono P saat dikonfirmasi menyampaikan di wilayah Wonosobo untuk bulan Desember 2023 sampai dengan tanggal 6 sudah terjadi bencana tanah longsor dengan skala agak besar sudah terjadi 6 kali. Sedangkan longsor skala kecil dan lokasinya di sawah atau kebun jumlahnya tidak terhitung lagi.
“Kami sangat berterima kasih kepada Kodim 0707/Wonosobo yang begitu sigap bersama BPBD membantu warga yang mengalami bencana tanpa kami minta. Dengan adanya bantuan tersebut permasalahan cepat teratasi dan menjadi spirit bagi yang lain untuk bersama – sama mengatasi permasalahan yang ada. Semoga Wonosobo aman dari bencana” pungkas Kepala BPBD.
Baca juga :  Kodim Wonosobo Doa Bersama Sebagai Ungkapan Rasa Syukur Saat Perayaan HUT Korem 072/Pamungkas

You may also like

Leave a Comment