Home » Dandim Ingatkan Kewaspadaan dan Lapor Cepat Penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan

Dandim Ingatkan Kewaspadaan dan Lapor Cepat Penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Guna memastikan kesiapsiagaan dan koordinasi yang baik dalam menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan, apel gelar pasukan telah dilaksanakan di Polres Wonosobo. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, yang turut hadir bersama Dandim 0707, Kepala BPBD, Kadin Lingkungan Hidup, Perhutani serta unsur-unsur terkait penanggulangan bencana. (24/8/2023)

Apel gelar pasukan ini menjadi bentuk nyata komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan dan melindungi wilayah dari ancaman kebakaran hutan dan lahan. Kehadiran Wakil Bupati pada acara ini juga menggarisbawahi pentingnya kerjasama lintas sektor dan kesiapan bersama dalam menangani situasi darurat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan pentingnya peran semua pihak dalam mencegah dan mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan yang dapat membahayakan lingkungan, terlebih di musim kemarau panjang yang saat ini terjadi. Ia juga menekankan koordinasi yang efektif antara berbagai instansi terkait serta partisipasi aktif masyarakat dalam deteksi dini dan mitigasi risiko kebakaran.

Baca juga :  Tutup Selama 14 Hari, Pasar Hewan di Temanggung Akan Dibuka Kembali

Selain itu, dalam apel ini juga dilakukan pengecekan terhadap peralatan penanggulangan bencana yang dimiliki oleh Polres Wonosobo, BPBD dan Damkar. Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa peralatan yang ada dalam kondisi siap pakai dan mampu mendukung upaya penanganan bencana dengan maksimal.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Helmy saat diwawancarai menyampaikan kebakaran hutan dan lahan bisa berdampak besar, agar hal itu tidak terjadi maka perlu adanya kesadaran dan bantuan semua pihak untuk saling menjaga. Khususnya masyarakat yang ada di wilayah jika ada kebakaran maka segera laporan sehingga cepat teratasi.

“Kodim 0707/Wonosobo beserta semua komponen siap mengatasi jika terjadinya kebakaran hutan. Akan tetapi yang paling baik adalah mencegah tidak terjadinya kebakaran untuk itu perlu kesadaran bersama agar saling menjaga agar tidak terjadi. Api kecil bermanfaat akan tetapi jika menjadi besar itu sangat membahayakan” kata Dandim.

Baca juga :  Dandim 0707/Wonosobo Hadiri Acara Perayaan Natal di Gedung Adipura Kencana

Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan, juga memberikan penjelasan tentang peran aparat kepolisian dalam mendukung upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Ia menegaskan komitmen Polres Wonosobo siap siaga dalam penanganan maupun pencegahan bencana utamanya kebakaran.

“Melalui apel gelar pasukan ini, saya berharap koordinasi antar instansi dan kesiapan dalam menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan semakin ditingkatkan, pemerintah daerah Wonosobo juga mengajak masyarakat untuk turut serta aktif dalam upaya pencegahan bencana dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran,” ungkap Wakil Bupati.

Pihaknya juga mengajak generasi muda pecinta alam untuk mencegah kebakaran hutan saat mendaki gunung. Mengingat beberapa tahun lalu, terjadi kebakaran hutan di wilayah hutan gunung Sindoro.

Baca juga :  Pelaksana Terbaik Pertama 10 Pokok Program PKK Tingkat Jawa Tengah Diraih Kabupaten Wonosobo

Lebih lanjut Kapolres menekankan bahwa kegiatan ini memberikan pesan kuat bahwa penanganan kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab bersama, yang melibatkan berbagai pihak untuk menjaga keamanan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Dengan adanya apel ini, diharapkan wilayah Wonosobo dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi tantangan kebakaran hutan dan lahan di masa yang akan datang.

You may also like

Leave a Comment