295 Nakes
Home » 295 Nakes Dikerahkan BIN Jateng untuk Vaksinasi Door To Door

295 Nakes Dikerahkan BIN Jateng untuk Vaksinasi Door To Door

by Manjie

Semarang, satumenitnews.com – Setidaknya 295 Nakes dikerahkan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah saat kembali menyelenggarakan vaksinasi massal anak/pelajar usia 6-11 tahun dan masyarakat secara door to door di 6 (enam) wilayah di Jawa Tengah, Rabu (12/01).

Kabinda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H, M.M mengatakan setidaknya 295 nakes tugaskan di Kabupaten Kebumen, Wonosobo, Banjarnegara, Pekalongan, Demak dan Grobogan dengan target peserta sebanyak 6.835 orang.

“Selain kita lakukan vaksinasi door to door hari ini, vaksinasi untuk anak usia 6 hingga 11 tahun juga kita genjot agar pembelajaran tatap muka bisa berjalan dengan lingkungan yang aman karena telah tercipta heard imunity dilingkup sekolah,” kata Sondi.

Baca juga :  Wonosobo Kembali Viral Video Buang Sampah di Sungai

Untuk jenis vaksin yang dipergunakan bagi pelajar masih sama yaitu jenis sinovac yang telah mendapatkan ijin dari BPOM untuk dipergunakan bagi anak/pelajar usia 6 – 11 tahun, sementara untuk masyarakat secara door to door menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan.

Dari keterangan Sondi, BIN Jateng hari ini telah mendirikan sentra vaksinasi untuk anak pelajar/anak usia 6 hingga 11 tahun di 4 kabupaten.

“Ada 4 kabupaten untuk sentralisasi vaksinasi anak usia 11 hingga 11 tahun hari ini. SDN 1 Pagedongan, Banjarnegara, SDN Kayugeritan Kabupaten Pekalongan, SDN Sidomulyo 2 Demak dan SDN 1 Putat, Kabupaten Grobogan,” terangnya.

Sementara itu, untuk 2 kabupaten lainnya dilaksanakan vaksinasi masyarakat dengan mendirikan sentra vaksin di Gedung Olah Raga Desa Karangtanjung Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen dan Balai Desa Serang, Kecamatan Kejajar Wonosobo.

Baca juga :  Tim Jelajah Kopi Nusantara Cicipi Kopi di Kaki Gunung Muria Kudus

Dukungan orang tua dan seluruh pihak seperti guru sangat diperlukan untuk suksesnya pelaksanaan vaksinasi anak atau pelajar usia 6-11 tahun.

“Beruntung saat ini orang tua sudah sangat memahami pentingnya vaksinasi anak, terutama untuk membentengi putra putrinya dari penyebaran virus serta mendukung pembelajaran tatap muka.

Sedangkan vaksinasi warga secara door to door selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin,” ujar Sondi.

Konsep door to door dikatakan sangat membantu warga, terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin.

Selain fokus vaksinasi door to door, anak dan pelajar BIN Jateng juga ikut mendukung upaya vaksinasi booster melalui pencanangan hari ini.

Baca juga :  Binda Jateng : 12 Kabupaten/Kota Gelar Vaksinasi Massal Hari Ini

“Hari ini vaksinasi booster diluncurkan secara nasional oleh Presiden RI, Joko Widodo. Jadi kita ikut berpartisipasi melalui pencanangan sebagai wujud dukungan,” pungkasnya.

You may also like

Leave a Comment