Home » Kodim Wonosobo Bersama Pasukan Orange Sikat Habis Sampah

Kodim Wonosobo Bersama Pasukan Orange Sikat Habis Sampah

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Kabupaten Wonosobo menggelar acara Pisowanan Agung dilanjutkan malamnya hiburan rakyat, dalam acara hiburan tersebut mengundang penyanyi Deny Caknan.

Namun, dari perhelatan akbar tersebut menimbulkan masalah sampah yang menggunung di alun-alun Wonosobo.

Melihat hal tersebut Kodim 0707/Wonosobo setelah apel pagi bersama pasukan orange dari Dinas Lingkungan Hidup membersihkan sampah yang menggunung, Selasa (25/7/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wonosobo, Endang Lisdiyaningsih melihat anggota kodim 0707/Wonosobo terjun langsung membersihkan sampah yang bertebaran di alun–alun terkejut dan bangga.

Sampah berserakan dimana – mana setelah acara Pisowanan Agung Hari Jadi Wonosobo ke 198 ditambah lagi hiburan tadi malam.

“Sampah yang sulit dibersihkan adalah tusuk sate dan sedotan minuman. Itu tidak bisa disapu. Harus diambil satu demi satu. Jika tidak dibersihkan bisa membahayakan khususnya anak-anak,” kata Kadis LH.

Baca juga :  Santri Ma'had Aly Al Mubarok Manggisan Diberdayakan sebagai Juru Sembelih Halal

Menurutnya berkat kehadiran pasukan Kodim, pekerjaan yang sulit dan lama bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah,hal ini juga membuat pasukan orange menjadi lebih semangat.

Kapten Inf Sugeng Hariyanto menuturkan, aksi bersih-bersih di alun-alun dilakukan sebagai bentuk kepedulian Kodim terhadap lingkungan, mulai dari keamanan, kebersihan dan sebagainya.

“Kita sebagai masyarakat harus bisa menjaga agar lingkungan di sekitar kita terlihat bersih, rapi dan indah, apalagi alun – alun merupakan salah satu fasilitias publik harus kita jaga bersama sama. Kami menghimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan, kita semua tahu bahwa di alun-alun sudah ada petugas kebersihannya. Akan tetapi sebagai pengguna wajib membuang sampah pada tempatnya.  Sebab disana sudah disediakan tempat sampah,” tegasnya.

Baca juga :  Polres Kebumen Gelar Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2023

Menurutnya kegiatan ini sebagai salah satu bentuk aksi sosial dan komitmen Kodim membantu pemerintah daerah dalam berbagai macam kegiatan.

Kapten Inf Sugeng juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut sebagai sarana edukasi masyarakat untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

“Khususnya setiap ada kegiatan besar seperti hari peringatan hari jadi, hiburan rakyat dan sebagainya. Disana banyak orang berkumpul, begitu selesai sampah ada dimana-mana. Semoga dengan apa yang dilakukan ini sedikit banyak bisa merubah perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Sarana alun-alun dan sekitarnya merupakan ikon bagi destinasi wisata di Kota Wonosobo. Dengan demikian ia berharap semua elemen masyarakat harus bersama-sama untuk menjaganya.

Baca juga :  Isu Bidang Kesehatan Masih Tetap Hangat di Awal Tahun

“Jika sarana tersebut bersih, maka warga akan merasa nyaman berada di sana dan wisatawan juga betah dan mau berkunjung kembali,” pungkasnya.

You may also like

Leave a Comment