Home » 415 Orang Ikuti Donor Darah Dalam Rangka HUT Persit ke 78

415 Orang Ikuti Donor Darah Dalam Rangka HUT Persit ke 78

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Peringati HUT ke 78 Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXVII menyelenggarakan donor darah. Kegiatan diselenggarakan bekerja sama dengan Kodim 0707/Wonosobo, PMI, Klinik Kartika Pratama. Sedangkan peserta dari instansi terkait, organisasi wanita se Wonosobo serta masyarakat umum. Adapun tema yang diusung adalah ” Persit Peduli, Kreatif dan Sederhana”. (26/2/2024)

Ketua Persit KCK Cabang XXVII Ny. Sovy Helmy yang juga ketua panitia menyampaikan dalam rangka memperingati HUT Persit ke 78, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan salah satunya adalah donor darah ini.

“Sesuai dengan tema yang diusung dalam peringatan hari ini yaitu Persit Peduli, Kreatif dan Sederhana maka kegiatan donor darah sangatlah tepat. Karena info yang diterima stok darah di PMI Wonosobo jumlahnya sangat terbatas tidak mencukupi untuk kebutuhan harian. Melihat permasalahan tersebut maka Persit mengajak semua pihak untuk bersama – sama menyumbangkan darahnya bagi saudara kita yang membutuhkan” kata Ny. Sovy Helmy.

Baca juga :  Drainase Penuh Sampah di Kejajar Dibersihkan

Kegiatan donor darah ini juga sebagai sarana silaturahmi bagi sesama organisasi khususnya organisasi wanita yang ada di Wonosobo. Dan yang tidak kalah penting adalah sebagai rasa syukur karena kita diberikan kesehatan. Untuk itu dengan donor darah kita berbagi kesehatan, ujarnya.

dr. Istikomah dari PMI mengucapkan terima kasih kepada Persit dan Kodim 0707/Wonosobo yang telah menyelenggarakan donor darah ini dengan melibatkan berbagai organisasi wanita, instansi dan masyarakat umum.

“Atas nama PMI dan masyarakat khususnya pasien mengucapkan banyak terima kasih kepada Persit dan Kodim yang selalu membantu khususnya dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan darah. Apalagi yang ikut donor jumlahnya sangat banyak yaitu yang daftar mencapai 415 orang dan berhasil 118 kantong darah. Ini sungguh pencapaian yang membanggakan. Sebab sebentar lagi bulan puasa jumlah pendonor biasanya berkurang banyak. Apalagi banyak pendonor baru dari Pramuka Saka Wirakartika” kata dr. Istikomah.

Baca juga :  Kapten Inf Purwantoro Danki Paskibra Sukses Kibarkan Sang Merah Putih

Seperti diketahui mendonorkan darah juga bisa meminimalkan resiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil, “Setetes darah sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya. Untuk itu kepada masyarakat jangan takut donor. Dengan donor kita akan semakin sehat dan lebih awal diketahui penyakit jika kita sakit, ujarnya.

Kondisi stok darah yang ada saat ini di PMI untuk golongan A 5, B 3, O 4 dan AB 13. Itu merupakan stok yang cukup terbatas bila dibandingkan dengan kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan adanya donor darah massal ini kebutuhan tercukupi dan mengingatkan kepada masyarakat agar rajin donor.

Baca juga :  Warga Muktisari Ditemukan Meninggal di Aliran Sungi Lukulo oleh Pencari Ikan

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!