Home » Menjelang Puncak Acara HUT Kabupaten Wonosobo Ke-197, Forkominda Ziarah Ke Makam Ki Ageng Wonosobo

Menjelang Puncak Acara HUT Kabupaten Wonosobo Ke-197, Forkominda Ziarah Ke Makam Ki Ageng Wonosobo

HUT Wonosobo 197

by Manjie

EWonosobo, satumenitnews.com – Sehari sebelum puncak acara HUT Kabupten Wonosobo ke-197 Bupati dan jajarannya Ziara ke makam Ki Ageng Wonosobo ang berada di Dusun Wonosobo, Desa Plobangan, Kecamatan Selomerto, Sabtu (23/07).

Sebelumnya para sesepuh Desa Plobangan mengambil airdari mata air Tirto Perwitosari untuk acara Bedol Kedaton pada malam harinya.

Jagong Budaya menjadi acara setelah ziarah Makam Ki Ageng Wanasaba, berbagai pertunjukan kesenian digelar dalam kegiatan tesebut yang di pusatkan dilapangan Desa Plobangan.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat dalam sambutannya mengatakan momentum Hari Jadi Kabupaten Wonosobo Ke-197, menjadi pengingat untuk terus maju bergotong royong mewujudkan pembangunan daerah menuju masyarakat yang sejahtera.

Hal tersebut sesuai dengan tema hari jadi pada tahun ini yaitu Gumregah Makaryo Sesarengan.

Baca juga :  Akses Jalan di Kecamatan Mojotengah Bakal Tambah Mantap Tahun Ini

“Mari kita bersama meneruskan nilai perjuangan leluhur Wonosobo yang telah tiada, terus berperilaku baik dan gunakan jatah usia kita termasuk untuk Wonosobo. Tetap lestarikan seni budaya sebagai karakter diri bangsa, jaga kelestarian dan keanekaragamannya supaya tidak punah. Dengan menjaga kelestariannya berarti telah menjunjung harkat dan martabat bangsa,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Plobangan, Rusmanto mengapresiasi Pemkab Wonosobo yang telah menyukseskan kegiatan di Plobangan.

Diharapkan, ke depan ada peningkatan fasilitas sarana dan prasarana utamanya di Makam Ki Ageng Wanasaba sebagai wisata religi.

“Bila harapan kami terwujud ini akan berdampak meningkatnya sendi-sendi ekonomi pelaku UMKM yang makin tumbuh dan berkembang di Plobangan. Terima kasih kepada Pemkab Wonosobo yang turut menyukseskan acara Bedhal Kedhaton dan Jagong Budaya ini, saya harap Pemkab lebih membantu menfasilitasi sarana dan prasarana pada wisata religi yang kami miliki serta nasib pelaku UMKM di Plobangan,” harap Rusmanto.

Baca juga :  Prokes Ketat, Kader Kesehatan Posyandu di Puskesmas Wergu Wetan Jalani Vaksinasi

You may also like

Leave a Comment